Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Bank Siap Gelar Rights Issue: KB Bukopin (BBKP) hingga JTrust (BCIC)

Berikut daftar 4 bank yang akan gelar rights issue dalam waktu dekat. Mulai dari KB Bukopin (BBKP) hingga JTrust (BCIC).
Ilustrasi rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) dengan agenda rights issue/Freepik
Ilustrasi rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) dengan agenda rights issue/Freepik

Bank QNB Indonesia (BKSW)

Kemudian, PT Bank QNB Indonesia Tbk. (BKSW) juga baru saja mengumumkan akan melaksanakan rights issue dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 14,72 miliar helai saham saham baru.

Mengacu pada prospektus yang dibagikan, BKSW akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 14,72 miliar (14.721.362.381) helai saham saham baru atau sebesar 41,87 persen dari total modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Adapun, harga pelaksanaan yang ditetapkan sebesar Rp250 per helai dengan nilai nominal yang juga ditetapkan pada kisaran harga yang sama yakni Rp250.

"Jumlah dana yang akan diterima Perseroan dalam rangka PMHMETD VII ini adalah sebanyak-banyaknya sebesar Rp3,68 triliun (Rp3.680.340.595.250)," tulis manajemen BKSW dalam prospektusnya, dikutip Rabu (3/5/2023).

Nantinya, setiap pemegang 100.000 saham lama perseroan yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) pada 11 Mei 2023 pukul 16.00 WIB berhak atas 72.034 HMETD, dimana setiap 1 HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru.

Qatar National Bank (Q.P.S.C.), selaku pemegang saham utama perseroan dengan kepemilikan saham sebesar 18,9 miliar saham menyatakan akan melaksanakan seluruh haknya sesuai dengan porsi kepemilikan dalam PMHMETD VII ini, yakni sebanyak 13,61 miliar saham.

 

Bank IBK Indonesia (AGRS)

Terakhir, PT Bank IBK Indonesia Tbk. (AGRS) akan menggelar aksi korporasi penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD V) kepada para pemegang saham dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 13,18 miliar (13.814.688.390) helai saham baru.

Mengacu pada prospektus yang dibagikan, rangkaian rights issue tersebut akan dimulai oleh efektifitas pernyataan pendaftaran yang berlangsung pada 26 Juni 2023. Sedangkan, periode perdagangan HMETD akan berlangsung pada 11 Juli 2023 mendatang.

Adapun, seluruh saham baru yang akan diterbitkan tersebut ditawarkan dengan harga pelaksanaan sebesar Rp100 per helai. Sehingga, jumlah dana yang diperoleh dari PMHMETD V dalam rangka penerbitan HMETD seluruhnya berjumlah sebanyak-banyaknya Rp1,38 triliun.

"Setiap pemegang dua saham lama yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada tanggal 7 Juli 2023 pukul 16.00 WIB berhak atas satu HMETD, dimana setiap satu HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak satu saham baru yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan pemesanan pembelian saham," jelas manajemen AGRS.

Lebih lanjut,  Industrial Bank of Korea (IBK), selaku pemegang saham utama perseroan yang memiliki 25,22 miliar (25.227.362.385) helai saham berhak untuk memperoleh 12.61 miliar (12.613.681.192) saham baru. 

Hanya saja, berdasarkan surat pernyataan tertanggal 2 Maret 2023, IBK menyatakan hanya akan melaksanakan sebagian haknya atau sebanyak-banyaknya yakni 10 miliar helai saham. Sehingga, kepemilikan saham IBK menjadi sebanyak-banyaknya 84,96 persen.

Selanjutnya, IBK akan mengalihkan sebagian haknya kepada PT Bumi Indawa Niaga (BIN) sebanyak-banyaknya yakni 45 juta helai saham  dengan dilengkapi bukti kecukupan dana dari BIN berupa account statement Bank Maybank tanggal 6 Maret 2023.

"Apabila saham baru yang ditawarkan dalam PMHMETD V ini tidak seluruhnya diambil atau dibeli oleh pemegang saham atau pemegang bukti HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham atau pemegang bukti HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya secara proporsional," Pungkas manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper