Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simpanan Masyarakat Bawah Naik Tipis, Tabungan Nasabah Tajir Makin Tebal

LPS mencatat nominal tabungan masyarakat di bawah Rp100 juta tumbuh paling minim sepanjang tahun berjalan dibanding kelompok simpanan lainnya.
Pegawai merapikan uang rupiah di cash center Bank Mandiri di Jakarta.
Pegawai merapikan uang rupiah di cash center Bank Mandiri di Jakarta.

Bisnis.com, BADUNG – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat nominal tabungan masyarakat di bawah Rp100 juta tumbuh paling minim sepanjang tahun berjalan (year to date/ytd) dibanding kelompok simpanan lainnya.

Berdasarkan data LPS periode Juli 2024, nominal simpanan di bawah Rp100 juta mencapai Rp1.057,79 triliun atau setara dengan 12,1% dari total simpanan Rp8.727,38 triliun.

Tercatat, pertumbuhan atas simpanan ini hanya meningkat 0,4% secara ytd. Adapun, secara tahunan tiering simpanan naik 4,9% yoy, sementara secara bulanan tidak ada kenaikan dari bulan sebelumnya (month to month/mtm).

Sementara itu, simpanan nasabah tajir alias tiering simpanan di atas Rp5 miliar masih menjadi simpanan dengan nominal terbesar yakni mencapai Rp4.671,31 triliun atau 53,5% dari total simpanan Rp8.727,38 triliun.

Bila dibandingkan dengan simpanan di bawah Rp100 juta, simpanan di atas Rp5 miliar ini tumbuh 3% secara ytd. Secara tahunan tumbuh 10,4% yoy, sedangkan secara bulanan mengalami penyusutan sebesar 1,4% MoM.

Selain itu, simpanan nasabah di tiering lainnya seperti simpanan nasabah dengan nominal Rp100 juta hingga Rp200 juta tumbuh 1,5% ytd. Secara tahunan tumbuh 3,9% yoy. Sedangkan, tiering simpanan Rp200 juta hingga Rp500 juta tumbuh 2,2% ytd. Lalu, secara tahunan tumbuh 3,6% yoy.

Selanjutnya, simpanan Rp500 juta hingga Rp1 miliar tumbuh 2,1% ytd. Adapun, secara tahunan tumbuh 5% yoy.

Kemudian, simpanan Rp1 miliar hingga Rp2 miliar tumbuh 4,1% secara ytd. Jika ditilik secara tahunan simpanan ini tumbuh 5,1% yoy. Terakhir, simpanan Rp2 miliar hingga Rp5 miliar tumbuh 2,2% ytd, sementara secara tahunan tumbuh 5,4% yoy.

Pada laporan yang sama, berdasarkan jenis simpanan, simpanan dengan nominal terbesar terdapat pada simpanan Deposito yang mencakup 36,6% total simpanan.

Lebih lanjut, berdasarkan distribusi rekening simpanan, jumlah rekening simpanan terbanyak terdapat pada tabungan yang mencakup 98,1% total rekening simpanan.

Sayangnya, hampir semua jenis simpanan mengalami penurunan. Misal, Sertifikat Deposito turun 93,5% secara bulanan (MoM). Deposit on Call juga turun 28,2% MoM. Sedangkan, deposito, giro dan tabungan masing-masing tumbuh mini 1,3%; 0,7%; dan 0,5% secara bulanan.

Sedangkan, berdasarkan tiering simpanan, jumlah rekening simpanan terbanyak terdapat pada tiering simpanan di bawah Rp100 juta yang mencakup 98,8% total rekening simpanan atau mencapai 586,95 juta rekening per Juli 2024.

Lebih lanjut, jumlah rekening untuk seluruh tiering simpanan juga mengalami kenaikan sejak awal tahun, di maa kenaikan jumlah rekening tertinggi terjadi pada tiering di bawah Rp100 juta sebesar 4,9% ytd. Sedangkan secara tahunan tumbuh 11,8% yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper