Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Minta Pelaku Pasar Modal Syariah Waspadai Risiko Teknologi

Wakil Presiden Ma`ruf Amin mengungkapkan hal itu saat meresmikan nama dan logo baru PT Danareksa Sekuritas sekaligus peluncuran syariah online trading system (SOTS).
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 07 Desember 2020  |  13:14 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma`ruf Amin meminta pelaku industri mewaspadari risiko dan konsekuensi pada pemanfaatan teknologi. Pelaku usaha diharap melakukan sejumlah mitigasi menghindari potensi tersebut.

Saat meresmikan nama dan logo baru PT Danareksa Sekuritas sekaligus peluncuran syariah online trading system (SOTS), Wapres menjelaskan pelaku pasar modal syariah dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan sebaiknya.

Kendati begitu, dia mewanti-wanti dampak negatif yang perlu diantisipasi para pelaku usaha dari pemanfaaran teknologi. “Namun demikian, harus disadari bahwa pemanfaatan teknologi ini juga membawa risiko dan konsekuensi tersendiri,” katanya, Senin (7/12/2020).

“Pelaku industri perlu melakukan mitigasi berbagai risiko yang mungkin akan timbul dari pemanfaatan teknologi termasuk dalam online trading di sektor pasar modal syariah,” ujarnya.

Selain itu, Wapres menekankan bahwa para pelaku industri pasar modal syariah harus menyadari bahwa bisnis pasar modal merupakan bisnis yang berbasis kepercayaan. Sebab itu, kepercayaan masyarakat merupakan hal yang mutlak harus dijaga.

“Masyarakat juga harus mendapatkan edukasi dan literasi tentang bagaimana pemanfaatan layanan berikut risiko-risiko yang akan dihadapi.”

Dia juga meminta pelaku industri memperkuat infrastruktur sistem online trading dengan tata kelola yang baik. Kepastian keamanan sistem juga mesti menjadi perhatian dan terus disempurnakan.

Sementara itu, Wapres mengapresiasi PT BRI Danareksa atas peluncuran SOTS. Peresmian ini diyakini akan mendorong lebih banyak pertumbuhan pasar modal syariah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar modal syariah Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top