Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perluas Jangkauan Penyaluran Kredit ke UMKM, BSI (BRIS) Gandeng Fintech Alami

PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk dan PT Alami Fintek Sharia untuk memperluas jangkauan penyaluran kredit UMKM.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 14 April 2022  |  17:15 WIB
Nasabah Bank Syariah Indonesia memeriksa buku tabungan seusai membuka rekening di KC Jakarta Hasanudin, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Nasabah Bank Syariah Indonesia memeriksa buku tabungan seusai membuka rekening di KC Jakarta Hasanudin, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk dan PT Alami Fintek Sharia, perusahaan finansial teknologi, menjalin kerja sama terkait channeling penyaluran pembiayaan kepada SME berbasis teknologi informasi. Dengan kerja sama ini, BSI dapat menjangkau lebih banyak UMKM melalui ekosistem teknologi milik Alami.

Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar mengatakan BSI berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan SME dan UMKM melalui e-channel platform.

Sinergi ini keduanya akan menjadi sebuah langkah strategis untuk menjadikan bank dan fintek sebagai lembaga keuangan yang valid dan aman yang dapat memperluas akses pembiayaan bagi pelaku usaha SME dan UMKM melalui platform digital.

“Peran ini juga harus didorong dengan kualitas pembiayaan yang sehat, dan kualitas pelaku usaha yang baik sehingga ekosistem pembiayaan berbasis digital ini dapat berkelanjutan kedepannya,” ujar Alun dalam siaran pers, Kamis (14/4).

Sekadar informasi sepanjang 2021 pembiayaan BSI kepada segmen UMKM telah mencapai Rp39,4 triliun secara nasional dengan kualitas yang terjaga. Nilai tersebut sekitar 23,05% dari total penyaluran pembiayaan BSI.

Dengan adanya sinergi ini, BSI akan menyiapkan dana pembiayaan sekitar Rp50 miliar yang siap digunakan bagi para pelaku usaha SME dan UMKM yang mengajukan pembiayaan melalui fintek ALAMI.

CEO ALAMI Dima Audra Djani mengatakan dengan kerja sama ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi para pelaku UMKM untuk terus berkembang melalui layanan berbasis teknologi dan berprinsip syariah yang mengedepankan keadilan serta transparansi.

“Sehingga mampu meningkatkan penetrasi pembiayaan UMKM dan mewujudkan percepatan ekonomi nasional yang berkelanjutan,” tutur Dima.

Lebih lanjut Dima menyampaikan, peluang dan kebutuhan UMKM akan pembiayaan terus bertumbuh pesat dan menunjukkan dampak positif yang luas. Hal ini terlihat dari akumulasi penyaluran pembiayaan di ALAMI yang telah mencapai lebih dari Rp2 triliun dengan TKB90 tetap di 100% pada Maret 2022.

Keseluruhan pembiayaan disalurkan kepada lebih dari 8.500 proyek pembiayaan untuk UMKM yang bergerak di industri yang berdampak positif, tersebar di 482 kota di 34 provinsi di Indonesia.

Pencapaian tersebut tentunya tidak lepas dari terus dikembangkannya kualitas layanan, SDM dan culture serta penerapan prinsip syariah yang dikedepankan dalam segala lini bisnis ALAMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit umkm fintech BRIS Bank Syariah Indonesia Alami Fintek Sharia
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top