Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Allo Bank (BBHI) Perkuat Ekosistem Andalkan Pemegang Saham, dari BUKA hingga Grup Salim

Allo Bank tengah mengembangkan kolaborasi dengan berbagi mitra strategis, seperti XXI, Indomaret, Bukalapak, dan beberapa provider telekomunikasi.
Nasabah melakukan transaksi melalui aplikasi Allo Bank di Jakarta, Selasa (4/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Nasabah melakukan transaksi melalui aplikasi Allo Bank di Jakarta, Selasa (4/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Langkah bank digital besutan konglomerat Chairul Tanjung atau CT, PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) untuk memperluas kemitraan strategis terus berlanjut.

Bank yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Mega Corpora ini berencana membangun kapabilitas dari sisi operasional hingga pemasaran. Upaya mencapai hal itu ditempuh perseroan dengan menggandeng mitra strategis, yang umumnya berasal dari ekosistem pemegang saham.

“Allo Bank sedang mengembangkan kolaborasi dengan berbagi mitra strategis, seperti XXI, Indomaret, Bukalapak, dan beberapa provider telekomunikasi,” tulis manajemen Allo Bank dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Senin (19/12/2022).

Beberapa nama itu memang tidak asing. PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) atau Bukalapak merupakan salah satu pemegang saham Allo Bank dengan kepemilikan 11,50 persen.

Sementara itu, PT Indomarco Prismatama atau Indomaret, bisnis ritel modern milik taipan Djoko Susanto memiliki afiliasi dengan Grup Salim. Sebagaimana diketahui, Grup Salim melalui PT Indolife Investama Perkasa tercatat menggenggam 6 persen saham di Allo Bank.

Upaya memperluas mitra strategis dari ekosistem bisnis yang dimiliki Allo Bank turut diamini jajaran direksi perseroan. Dalam paparan publik baru-baru ini, manajemen emiten bersandi BBHI tersebut menyatakan pihaknya memiliki keunggulan kompetitif terkait ekosistem.

Manajemen BBHI menyampaikan bahwa ekosistem yang besar menjadi keunggulan kompetitif Allo Bank dalam menapaki persaingang di industri perbankan nasional. Dengan memanfaatkan ekosistem, proses akuisisi, interaksi, dan monetisasi berjalan lebih optimal.

“Di mana perseroan membangun sinergi dengan CT Corpora serta mitra bisnis strategi lainnya dalam mengembangkan digital ecosystem yang diharapkan mampu meningkatkan bisnis.”

Tak cuma itu, manajemen juga menyatakan BBHI mampu mendayagunakan aplikasi mobile banking dengan jaringan kanal fisik yang dimiliki oleh TransMart, Metro, Bukalapak, dan Indomaret. Hal ini dinilai mampu memberikan berbagai keuntungan bagi nasabah.

Kapabilitas teknologi dan data terkini juga diklaim menjadi keunggulan kompetitif Allo Bank, yang telah menjalin kemitraan strategis dengan WeBank. Kerja sama tersebut mencakup kapabilitas kecerdasaan artifisial (AI) hingga mesin pembelajar atau machine learning

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper