Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

20.000 Pemegang Polis Setuju Penurunan Nilai Manfaat AJB Bumiputera 1912

Manajemen AJB Bumiputera 1912 mengatakan 20.000 pemegang polis setuju dengan skema penurunan nilai manfaat atau haircut.
Pemegang polis AJB Bumiputera 1912 berfoto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (6/4/2021) usai menyerahkan dokumen terkait panitia pemilihan BPA di perusahaan tersebut. /Dok. Istimewa
Pemegang polis AJB Bumiputera 1912 berfoto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (6/4/2021) usai menyerahkan dokumen terkait panitia pemilihan BPA di perusahaan tersebut. /Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 melaporkan sudah ada 20.000 pemegang polis menandatangani surat persetujuan terkait Penurunan Nilai Manfaat (PNM).

Kebijakan tersebut merupakan salah satu Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) perusahaan yang telah mendapatkan lampu hijau Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

“Itu baru dibuka per sore ini sudah ada 20.000 [pemegang polis] yang tandatangan [PNM],” kata Direktur Utama AJB Bumiputera 1912 Irvandi Gustari kala berkunjung ke Kantor Bisnis Indonesia, Rabu (1/3/2023). 

Persetujuan tersebut meningkat dari laporan AJB Bumiputera pada Minggu, 26 Februari 2022. Kala itu, ada lebih dari 10.000 pemegang polis yang setuju. Data tersebut berdasarkan informasi yang diterima dari 20 wilayah kantor AJB Bumiputera 1912 di Tanah Air. 

Irvandi pun menjelaskan pihaknya tengah berprogres untuk menyelamatkan AJB Bumiputera. Penurunan nilai manfaat  merupakan jalan tengah yang harus ditempuh perusahaan agar usaha bersama tetap berjalan dan pemegang polis mendapatkan pembayaran klaim yang tertunda meskipun nilai yang berkurang.

“Kami sedang berjuang siang dan malam [menyelematkan AJB Bumiputera 1912],” katanya.

AJB Bumiputera 1912 akan melakukan pembayaran mulai 6 Maret 2023. Rencana pembayaran tersebut merujuk pada keputusan rapat task force yang telah dilakukan. 

Di sisi lain, beberapa nasabah pun masih ada yang belum puas dengan kebijakan yang diambil perusahaan. Mereka menolak penurunan nilai manfaat dan meminta klaim dibayarkan penuh. 

Sebelumnya nasabah yang tergabung dalam Tim Biru Nasabah Bumiputera melakukan aksi pada 28 Februari 2022 di Wisma Bumiputera, Jakarta Selatan. 

“Kami berharap, aksi ini dapat mengetuk hati nurani para pemangku jabatan di AJB Bumiputera 1912 dan OJK [Otoritas Jasa Keuangan] agar kebijakan ini dapat ditinjau kembali, karena sangat merugikan para pemegang polis, bahkan dapat dibatalkan, sehingga klaim polis dapat dicairkan penuh 100 persen,” kata Tim Biru Nasabah Bumiputera dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (28/2/2023). 

Penurunan Manfaat AJB Bumiputera 1912 

Adapun penurunan nilai manfaat untuk polis AJB Bumiputera 1912 yang pembayaran klaimnya tertunda rinciannya sebagai berikut. 

1. Penurunan Manfaat Asuransi Perorangan

Jenis Klaim

- Meninggal: PNM 20 persen 

- Habis Kontrak: PNM 50 persen

- Penenusan: PNM 50 persen

- DKB, Klaim Sebagian, dan Rawat Inap: 0 persen 

2. Penurunan Manfaat Asuransi Jiwa Kumpulan

Jenis Klaim 

Meninggal: PNM 20 persen 

Habis Kontrak: PNM 50 persen 

Penebusan: PNM 50 persen 

Refund Premi dan Kesehatan: 0 persen

3. Produk Tradisional pada Aplikasi General Agency System Hybrid (GASH)

Meninggal:  PNM20 persen

Habis Kontrak:  PNM50 persen

Penebusan: PNM 50 persen

DKB, Klaim Sebagian dan Rawat Inap: 0 persen

4. Penurunan Nilai Manfaat Polis Aktif (Inforce)

Asuransi Jiwa Perorangan

Status

Inforce :

Tunggal/Sekaligus: 42,5persen

Reguler: 50 persen

BPK: 50 persen

BPM: 50 persen

BPO :

>3 Tahun (Usia Polis saat Lapse): 50 persen

< atau sama dengan 3 Tahun (Usia Polis saat Lapse): 75 persen

Asuransi Jiwa Kumpulan

Kelompok Produk

AJK:0 persen

Non AJK: 50 persen

PKK

– BUMN: 50 persen

– Non BUMN: 40 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper