Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fintech P2P Lending Berizin OJK dengan Kredit Lancar Terbaik, Sampai 100 Persen

Dalam tabulasi yang Bisnis lakukan, sejumlah P2P Lending berizin OJK memiliki pengembalian kredit 100 persen.
Ilustrasi fintech. /Freepik
Ilustrasi fintech. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat 102 pemain financial technology (fintech) lending berizin dan terdaftar. Namun, 24 dari perusahaan tersebut memiliki tingkat wanprestasi 90 hari atau TWP90 di atas lima persen per April 2023.

Berdasarkan penelusuran Bisnis pada Rabu (21/6/2023) pukul 15.20 WIB, beberapa pemain fintech P2P lending yang memiliki TWP90 di atas lima persen di antaranya iGrow dengan TKB90 mencapai 53,44 persen, Trust IQ dengan TKB90 mencapai 70,67 persen, serta Pintek dengan TKB90 di level 87,04 persen.

Namun perlu diingat, TKB90 yang tercantum di setiap laman resmi pemain fintech P2P lending dapat berubah setiap hari.

OJK menyatakan bahwa pihaknya terus melakukan monitoring terhadap perubahan TWP90 pada perusahaan fintech P2P lending yang memiliki TWP90 di atas 5 persen.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Ogi Prastomiyono menuturkan bahwa OJK memberikan pembinaan dan meminta perusahaan untuk mengajukan action plan perbaikan pendanaan macet.

“OJK selanjutnya memonitor pelaksanaan action plan mereka dengan ketat. Jika kondisinya lebih buruk, OJK melakukan tindakan pengawasan lanjutan,” kata Ogi.

Lantas, fintech P2P lending yang memiliki TKB90 terbaik?

Dihimpun dari situs masing-masing penyelenggara, Bisnis mencatat setidaknya ada 84 dari 102 perusahaan fintech P2P lending yang memiliki TKB90 terbaik hingga pukul 15.20 WIB per Rabu (21/6/2023). Dalam hal ini, TKB90 yang dimiliki oleh 84 perusahaan ini tidak melebihi TWP90 di atas lima persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper