Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wamen BUMN Beberkan Capaian Kredit Hijau Himbara Nilainya Rp250 Triliun

Wakil Menteri BUMN I Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bank BUMN Himbara telah menyalurkan kredit hijau senilai Rp250 triliun.
Ilustrasi kredit hijau atau green financing. Dok Freepik
Ilustrasi kredit hijau atau green financing. Dok Freepik

Emiten bank pelat merah berkode BMRI ini telah mencatatkan penyaluran kredit hijau sebesar Rp115 triliun pada semester I/2023, naik 10,2 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Kategori pembiayaan hijau ini berkontribusi sebesar 11,7 persen dari total portofolio kredit BMRI.

Porsi terbesar kredit hijau Bank Mandiri disalurkan ke sektor pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture) sebesar Rp95,6 triliun. Kemudian, pembiayaan untuk sektor energi terbarukan (renewable energy) sebesar Rp8,9 triliun, eco-efficient products Rp4,7 triliun, dan clean transportation Rp3,2 triliun, serta sektor hijau lainnya sebesar Rp2,8 triliun.

Khusus untuk energi terbarukan, ada sejumlah proyek yang telah didanai BMRI seperti Kerinci Hydro Power Plant dengan total kapasitas 2x45MW MW dan Malea Hydro Power Plant di Sulawesi Selatan. Bank Mandiri juga menyalurkan pembiayaan untuk proyek Poso Hydro Power Plant dengan total kapasitas 515 MW.

Bank pelat merah lainnya BRI mencatatkan penyaluran kredit hijau Rp79,4 triliun sepanjang semester I/2023, naik 5,16 persen yoy. BRI menyalurkan kredit hijau di antaranya pada proyek berkelanjutan secara lingkungan, pengelolaan sumber daya, dan penggunaan lahan sebesar Rp53,5 triliun, transportasi hijau Rp12 triliun, energi terbarukan Rp5,7 triliun, serta pembiayaan hijau lainnya Rp8,2 triliun.

Lalu, BNI menyalurkan kredit hijau seperti untuk pencegahan polusi Rp2,9 triliun hingga energi terbarukan Rp9,7 triliun. BNI juga menyalurkan kredit kepada segmen pengelolaan sumber daya alam hayati dan penggunaan lahan yang berwawasan lingkungan sebesar Rp18,9 triliun per Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper