Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Adira Finance (ADMF) Tembus Rp1,3 Triliun, Naik 17% YoY

Adira Finance (ADMF) berhasil mencetak laba Rp1,3 triliun per kuartal III/2023 atau aik 17% yoy.
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Finance di Jakarta. Bisnis/Endang Muchtar
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Finance di Jakarta. Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. atau Adira Finance (ADMF) berhasil mencetak laba sebesar Rp1,3 triliun pada kuartal III/2023. Angka tersebut meningkat 17% (year-on-year/yoy) dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya Rp1,1 triliun.

“Jadi kabar baik di tengah bisnis tumbuh, laba juga mencatatkan pertumbuhan,” kata Chief Financial Officer (CFO) Adira Finance Sylvanus Gani dalam Paparan Kinerja Q3/2023 di Jakarta, Rabu (1/11/2023). 

Gani menambahkan pertumbuhan tersebut didorong dengan pendapatan yang tumbuh 11% menjadi Rp6,9 triliun. Dia  menambahkan, Adira Finance mencatatkan Return on Asset (ROA) 8,4% dan Return on Equity (ROE) 17,7%. 

Dari sisi pembiayaan, dia mengatakan pembiayaan baru Adira Finance tumbuh sebesar 39% yoy sebanyak Rp30,4 triliun. Pembiayaan baru didorong oleh pembiayaan sepeda motor sebesar 45% yoy. Disusul dengan mobil dan non otomotif masing-masing 35% yoy. 

Sementara itu, piutang pembiayaan yang dikelola perusahaan termasuk pembiayaan bersama pada sembilan bulan pertama 2023 mencapai Rp52,8 triliun, meningkat 26% yoy dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya. 

"Untuk pembiayaan kendaraan listrik mencapai Rp123 miliar pada kuartal III/2023. Porsinya sekitar 66,6% adalah mobil listrik dan 33,3% berasal dari motor listrik," jelasnya. 

Dari sisi penyaluran, pembiayaan baru syariah tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 39% yoy menjadi Rp6,4 triliun. Angka tersebut mewakili 21% dari total pembiayaan baru perusahaan berkode saham ADMF tersebut. 

Saat ini, Adira Finance memiliki produk pembiayaan otomotif syariah dengan menggunakan akad murabahah, serta produk pembiayaan Adira Multi Dana Syariah (AMANAH) yaitu fasilitas pembiayaan multiguna yang berlandaskan prinsip syariah. 

"Bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah Umrah, Adira Finance memiliki produk pembiayaan Syariah Umrah melalui travel umrah lokal dan nasional dari mitra Adira Finance yang terpercaya," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper