Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adira Finance Bakal Tambah Kantor Cabang Fisik Tahun Depan

Adira Finance berencana menambah kantor cabang fisik pada tahun depan atau 2024. Apa alasannya?
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Finance di Jakarta. Bisnis/Endang Muchtar
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Finance di Jakarta. Bisnis/Endang Muchtar

Diberitakan sebelumnya, BFI Finance Indonesia Tbk. atau BFI Finance (BFIN) dan PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) atau CIMB Niaga Finance tidak memiliki rencana untuk menambah kantor cabang fisik pada 2024. Kedua perusahaan memilih untuk memanfaatkan jaringan yang sudah ada dan memaksimalkan platform digital dalam layanannya. 

Seperti halnya yang diungkap Presiden Direktur CIMB Niaga Finance Ristiawan Suherman, di mana perseroan akan bekerjasama dengan induk usaha dengan memanfaatkan kantor cabang Bank CIMB Niaga sebagai customer contact point bagi nasabah Bank.

“Pada sisa tahun 2023 dan rencana tahun 2024, CNAF tidak berencana untuk menambah kantor cabang baru,” kata Ristiawan kepada Bisnis, Senin (27/11/2023). 

Sementara itu, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) menilai keberadaan kantor cabang di perusahaan pembiayaan merupakan hal yang penting. Hal tersebut mengingat karakter bisnis di perusahaan pembiayaan yang memfasilitasi pembiayaan sepeda motor, mobil bekas, hingga motor bekas.

Ketua Umum APPI Suwandi Wiratno mengatakan kantor cabang di perusahaan pembiayaan sangat dibutuhkan karena kebutuhan masyarakat untuk melihat mobil maupun motor yang hendak dibeli dan dipilih secara langsung ketimbang melalui digital.

Selain itu, belum meratanya digitalisasi di Indonesia juga menjadi salah satu alasan bagi perusahaan pembiayaan untuk melebarkan sayapnya melalui penambahan kantor cabang.

“Kita perlu [kantor] cabang karena perusahaan pembiayaan meyakini bahwa konteks secara digital belum memungkinkan,” kata Suwandi saat dihubungi Bisnis, Selasa (15/8/2023).

Menurut Suwandi, penambahan kantor cabang baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa diperlukan. Pasalnya, perusahaan multifinance membutuhkan collector untuk mengunjungi debitur yang berniat enggan membayar. “Tentu debitur kabur kalau enggak ada kantor cabang,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Suwandi menuturkan penambahan kantor cabang juga dapat meningkatkan pendapatan dan pembiayaan bagi perusahaan, serta membuka lapangan pekerjaan. Namun demikian, era keberlanjutan ekspansi kantor cabang leasing juga sangat tergantung dari strategi setiap pemain dalam mengeruk pertumbuhan bisnis. 

“Kalau yang bermain di ritel maka harus buka kantor cabang, harus ada collector,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper