Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos Bank Amar (AMAR) Pede Hadapi Persaingan Bank Digital

Rasa optimistis berangkat dengan melihat dua hal, yakni dari dampak panjang dan Indonesia yang memiliki pasar (market) yang sangat besar.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 21 Desember 2021  |  18:45 WIB
Logo Bank Amar - amarbank.co.id
Logo Bank Amar - amarbank.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Direktur PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR), Vishal Tulsian optimistis dalam menghadapi persaingan bank digital di Indonesia.

Rasa optimistis itu disampaikan Vishal yang berangkat dengan melihat dua hal, yakni dari dampak panjang dan Indonesia yang memiliki pasar (market) yang sangat besar.

Pertama, kami berfokus pada dampak jangka panjang. Di mana, dampak panjang ini kita bukan berlomba-lomba mengakuisisi nasabah, tetapi target kita adalah masyarakat yang berkeinginan untuk menabung,” kata Vishal di The Writer’s Bar Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Kedua, lanjut Vishal, Indonesia yang memiliki pasar yang sangat besar. Vishal mengatakan, pada 3 hingga 4 tahun yang lalu, hanya 50 juta orang yang sudah mendapatkan layanan perbankan dari total populasi dan itu hanya dilayani oleh 100 bank.

“Dengan adanya digitalisasi, itu memungkinkan bank untuk melayani lebih banyak segmennya dari seluruh populasi. Jadi, potensi pasarnya masih sangat besar untuk bisa melayani total populasi penduduk Indonesia,” ujarnya.

Namun, Vishall menyampaikan terdapat tantangan utama yang harus dihadapi dalam mengembangkan bank digital di Indonesia, yakni bermuara pada mindset suatu perusahaan itu sendiri.

Akan tetapi, Vishall menjelaskan bahwa digital mindset tersebut tidak hanya bergantung pada infrastruktur teknologi informasi (IT), melainkan juga pada organisasi lain. Artinya, setiap karyawan dalam suatu perusahaan harus memiliki digital mindset.

“Kalau mindset konvensional, kita melakukan apa yang kita pikir itu baik atau benar untuk nasabah. Tetapi kalau digital mindset, kita yang menanyakan ke nasabah, melakukan testing, dan memberikan feedback dari nasabah. Itu merupakan suatu proses yang berkelanjutan,” pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Digitalisasi Perbankan emiten bank Bank Amar Bank Digital
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top