Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adu Cepat Cari Nasabah, Aplikasi Bank Digital Siapa yang Paling Banyak Diunduh?

Ada bank digital yang hanya butuh waktu 1 tahun untuk memiliki 10 juta pengunduh dan ada juga bank digital yang sudah hampir 6 tahun berdiri, hanya memiliki 500.000 jumlah pengunduh
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 06 Juni 2022  |  08:20 WIB
Adu Cepat Cari Nasabah, Aplikasi Bank Digital Siapa yang Paling Banyak Diunduh?
Nasabah berada di kantor cabang Bank Jago, Jakarta, Rabu (22/12/2021). Bisnis - Abdurachman
Bagikan

Bank Jago hingga Allo Bank

Bank Jago

PT Bank Jago Tbk. (ARTO) memperkenalkan aplikasi Bank Jago pada 12 April 2022. Setelah hampir 14 bulan hadir di Indonesia, aplikasi Bank Jago telah diunduh lebih dari 1 juta kali. Aplikasi Bank Jago telah ditinjau sebanyak 42.000 kali dengan rating yang diberikan oleh para peninjau sebesar 4,1/5. 

Bank Jago merupakan salah satu bank digital dengan ekosistem digital yang matang. Lebih 20 mitra telah bekerjasama dengan Bank Jago. Meski demikian, hal itu tidak menjadi jaminan bahwa para pengguna sudah nyaman menggunakan aplikasi Bank Jago. 

Beberapa peninjau sempat mengalami gangguan saat bertransaksi. Selain itu keluhan lainnya adalah kesulitan login. Pada 2021, diketahui beban promosi dan iklan Bank Jago meningkat 763,1 persen yoy menjadi Rp101,5 miliar. 

BCA Digital 

PT Bank Digital BCA (BCA Digital) meluncurkan aplikasi blu, aplikasi perbankan digital, pada 17 Juni 2022. Setelah 12 bulan hadir di Indonesia, blu telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali dan telah ditinjau lebih dari 28.000 kali.  

Para peninjau memberi rating kepada blu yaitu 4,7/5. Rating tersebut merupakan rating tertinggi yang dimiliki bank digital saat ini, meski secara jumlah peninjau masih lebih sedikit dibandingkan dengan Bank Jago, Digibank dan lain-lain. 

Beberapa peninjau nyaman dengan aplikasi blu yang sederhana. Namun, mereka juga berharap agar blu terus meningkatkan aplikasi yang dimiliki. 

Motion Banking vs Allo Bank

Motion Banking dan Allo Bank menjadi dua bank digital dengan jumlah penguduh terendah, dibandingkan dengan beberapa bank digital yang telah diulas di atas. Masing-masing aplikasi telah diunduh lebih dari 500.000 kali. Meski memiliki jumlah pengunduh yang sama, tahun aplikasi keduanya dirilis berbeda 2 tahun. 

Motion Banking, aplikasi bank digital milik PT Bank MNC International Tbk. (BABP), dirilis pada 7 Agustus 2020. Sementara itu, Allo Bank milik PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) dirilis pada 14 Maret 2022. 

Adapun dari sisi rating, aplikasi bank digital milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo lebih unggul (3,7/5) dibandingkan dengan aplikasi bank digital milik konglomerat Chairul Tanjung (2,8/5). Faktor tersebut kemungkinan karena Motion Banking hadir lebih dahulu dibandingkan dengan Allo Bank. 

Untuk jumlah tinjauan, tidak jauh berbeda. Motion Banking telah ditinjau sebanyak 8.000 kali. Beberapa peninjau menilai aplikasi Motion Banking tidak banyak membantu mereka. UI kurang sempurna dan fitur-fiturnya terbatas. 

Sementara itu jumlah tinjauan di Allo Bank sebanyak 7.000 kali, lebih sedikit dibandingkan dengan Motion Banking. Beberapa peninjau berharap UI dan UX Allo Bank ditingkatkan lagi. 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btpn dbs indonesia bank jago Bank Digital bank digital BCA bank neo commerce Allo Bank
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top