Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Nilai Aset Bank BUMN dan Janji Kredit UMKM Bunga Nol Persen

Aset bank BUMN dan kredit UMKM bunga nol persen jadi topik terpopuler di Kanal Finansial Bisnis.com.
Ilustrasi bank. /Freepik
Ilustrasi bank. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Para pembaca Kanal Finansial Bisnis.com tertarik dengan artikel mengenai aset bank-bank BUMN.

Meskipun jumlahnya hanya empat, tetapi asetnya lebih besar dibandingkan dengan bank swasta.

Berita terpopuler lainnya yaitu soal pembahasan skema kredit UMKM dengan bunga nol persen. Saat ini, pembahasan masih berada pada level menteri dan Gubernur Bank Indonesia.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Finansial Bisnis.com:

1. Aset Bank BUMN Jauh di Atas Bank Swasta BBCA Dkk

Aset bank berpelat merah yang tergabung dalam himpunan bank milik negara atau Himbara mengalahkan aset bank-bank swasta seperti PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA).

Berdasarkan Laporan Profil Industri Perbankan yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), aset keseluruhan bank umum konvensional di Indonesia mencapai Rp10.581,45 triliun pada 2022.

Aset bank umum konvensional itu tumbuh 9,42 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), meskipun pertumbuhannya melambat dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 10,13 persen yoy.

2. Erick Thohir Janjikan UMKM Bunga Bank Nol Persen, Bagaimana Kelanjutannya?

Pemerintah tengah menyiapkan skema kredit UMKM dengan bunga nol persen, pembahasan masih berada pada tataran Menteri dan Gubernur Bank Indonesia.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono menerangkan rencana penerapan kredit nol persen bagi UMKM masih dalam pembahasan di tingkat menteri, sehingga belum dapat menyampaikan teknis maupun skema pelaksanaannya.

"Masih pembahasan di tingkat Menteri dan Gubernur Bank Indonesia yang belum final, kami belum bisa sampaikan," katanya kepada Bisnis, Jumat (7/4/2023).

3. Lokasi dan Jadwal Tukar Uang Baru via Kas Keliling BI di Jakarta Pekan Ini

Masyarakat dapat melakukan penukaran uang baru menjelang Idulfitri 1444H/2023 melalui kas keliling yang Bank Indonesia (BI) sediakan, termasuk untuk wilayah DKI Jakarta.

Simak lokasi dan jadwal penukaran uang baru di kas keliling BI pada pekan ini. Layanan penukaran uang baru telah dibuka sejak 27 Maret 2023 hingga 20 April 2023 mulai pukul 10.00-14.00 WIB. Masyarakat dapat menemukan kas keliling milik BI di berbagai pusat keramian, seperti terminal, pasar, dan stasiun.

Pada tahun ini, BI telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun. Jumlah tersebut meningkat 8,22 persen dari realisasi 2022.

4. OJK Bentuk Dua Direktorat Pengawasan Market Conduct, Asuransi Hingga Bank Wajib Tahu Fungsinya

Otoritas Jasa Keuangan mempertegas perilaku usaha jasa keuangan dalam mendesain, menyusun, menyampaikan, hingga menyelesaikan sengketa dan penanganan pengaduan nasabah (market conduct).

Pengawasan perilaku ini merupakan bagian dari upaya penguatan perlindungan konsumen. Friderica Widyasari Dewi, Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen menuturkan Indonesia menempatkan market conduct menjadi agenda prioritas.

Pengawasan itu tertuang dalam sejumlah pasal dalam UU PPSK yang termasuk di dalamnya pengenaan sanksi administratif dan pidana.

5. Jangan Kalap! 3 Tips Jitu Kelola THR agar Tak Cepat Habis

Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi momen yang paling dinantikan bagi para pekerja menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2023.

Simak tips kelola THR agar tak cepat habis. THR dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam hal, termasuk membagikannya kepada sanak saudara. Namun, tak sedikit masyarakat yang tak dapat mengelola keuangan, khususnya dana THR, dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper