Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 10 Kampus Terbaik Versi Webometrics Juga Gaet Pinjol untuk UKT, Cek Daftarnya

Universitas dengan ranking tertinggi di Indonesia berdasarkan Webometrics tercatat menjalin kerja sama dengan perusahaan Pinjol untuk memudahkan UKT Mahasiswa.
Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Dok https://www.itb.ac.id/
Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Dok https://www.itb.ac.id/

Bisnis.com, JAKARTA— Platform financial technology peer to peer (fintech P2P) lending atau pinjaman online (pinjol) mayoritas memberikan pembiayaan ke sektor Usaha Mikro (UMKM) maupun multiguna. 

Namun ada beberapa platform yang memang fokus memberikan fasilitas pembiayaan ke sektor pendidikan. Bahkan beberapa di antaranya menjalin kerjasama dengan 10 kampus ranking tertinggi menurut webometrics. 

Ranking webometrics adalah sebuah pemeringkatan web universitas di dunia. Meski demikian, ranking ini sering dianggap sebagai peringkat kualitas universitas.

Sementara itu, ranking top 10 universitas di Indonesia berdasarkan webometrics saat diakses Minggu (28/1/2024) secara berurutan yakni peringkat pertama adalah Universitas Indonesia (UI), peringkat kedua yakni Universitas Gajah Mada (UGM), sedangkan peringkat ketiga hingga kesepuluh adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNs), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). 

Sementara daftar platform P2P lending yang menjali kerja sama dengan kampus-kampus tersebut antara lain: 

  • DanaCita

Platform DanaCita tengah menjadi sorotan karena diprotes keberadaannya oleh para alumni ITB.  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahkan memberikan pernyataan khusus terkait pinjol DanaCita membantu pembiayaan di dalam kampus.

Berdiri pada 2018, DanaCita memang fokus untuk memberikan layanan cicilan untuk membantu dana pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa. Beberapa kampus dengan peringkat tertinggi yang menjalin kerja sama dengan DanaCita antara lain UGM, ITB, dan UNS.  

Sedangkan secara keseluruhan DanaCita menyebut telah bekerjasama dengan 43 kampus di seluruh Indonesia seperti London School of Public Relations (LSPR) hingga Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Platform juga menjalin kerja sama dengan beberapa kampus swasta dan lembaga kursus seperti President University dan English First (EF). 

Melalui website resminya, DanaCita mengklaim telah melayani total 27.440 penggunan dengan total dana pendidikan tersalurkan Rp375 miliar. Pengajuan dana pendidikan ke Danacita tidak memerlukan down payment (DP) atau Jaminan, hanya KTP, bukti tagihan, dan rekening koran satu bulan terakhir. Rasio tingkat wanprestasi di atas 90 hari (TWP90) dalam platform DanaCita yakni 2,69% per 28 Januari 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper