Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Long Weekend, Begini Tips Kelola Keuangan dari OJK

Penting untuk membuat rencana anggaran yang akan dikelurkan seperti transportasi, hotel, makan, hingga oleh-oleh.
Ilustrasi hotel
Ilustrasi hotel

Bisnis.com, JAKARTA— Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips mengelola keuangan untuk menghadapi long weekend. Tips tersebut dapat diterapkan supaya masyarakat bisa menikmati liburan atau healing tanpa pusing. 

Pertama-tama yakni mempersiapkan dana untuk liburan dari jauh-jauh hari. Kemudian membuat rencana anggaran yang akan dikelurkan seperti transportasi, hotel, makan, hingga oleh-oleh. 

“Jangan lupa untuk membuat rencana anggaran terkait akomodasi dan transportasi agar tidak mengganggu pengeluaran,” tulis OJK dikutip dari Instagram resminya, Kamis (8/2/2024). 

Selain itu tentukan tujuan liburan, alangkah baiknya jika Anda tidak menjadikan belanja sebagai prioritas saat healing. Bijak lah untuk lebih menahan diri dan bertanggung jawab atas rencana anggaran yang telah dibuat.

Anda juga bisa memonitor transaksi keuangan saat healing dengan mengaktifkan notifikasi pengeluaran. Selain memonitor transaksi, Anda juga bisa mengetahui dengan cepat apabila terdapat transaksi yang mencurigakan. 

Jangan lupa untuk manfaatkan promo dan potongan harga. Beberapa pihak akomodasi dan agen perjalanan biasanya menyediakan promo ataupun diskon yang bisa Anda manfaatkan agar biaya healing bisa lebih hemat.

Terakhir memiliki dana darurat yang digunakan untuk kebutuhan dan peristiwa tidak terduga. 

“Dana darurat juga dapat menciptakan rasa aman saat kamu healing apabila dihadapkan dengan keadaan terburuk,” tulis OJK. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper