Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Allo Bank (BBHI) Resmi Masuk Kelompok Usaha Bank Milik Mega Corpora

Allo Bank (BBHI) dan Bank Mega Syariah sebagai anggota KUB, sedangkan PT Bank Mega Tbk. sebagai pelaksana perusahaan induk.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 16 Januari 2022  |  19:05 WIB
Nasabah melakukan transaksi melalui aplikasi Allo Bank di Jakarta, Selasa (4/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Nasabah melakukan transaksi melalui aplikasi Allo Bank di Jakarta, Selasa (4/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) resmi masuk ke dalam struktur Kelompok Usaha Bank atau KUB Mega Corpora milik taipan Chairul Tanjung atau CT.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, dikutip Minggu (16/1/2022), manajemen Allo Bank telah melampirkan perubahan struktur KUB dari Mega Corpora. Langkah ini sesuai dengan Surat Otoritas Jasa Keuangan No. S-69/PB.31/2021 tanggal 13 April 2021.

“Perseroan [Allo Bank] telah tercatat dalam administrasi pengawasan Otoritas Jasa Keuangan sebagai anggota KUB Mega Corpora,” tulis manajemen.

KUB tersebut memosisikan Bank Mega sebagai pelaksana perusahaan induk, sementara Bank Mega Syariah dan Allo Bank Indonesia ditetapkan sebagai anggota.

Berdasarkan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), KUB memungkinkan bank-bank kecil bernaung di dalam satu bank besar sebagai induknya. Dengan demikian, modal inti bank kecil tersebut cukup mencapai minimal Rp1 triliun.

Chairul Tanjung dalam konferensi pers di Jakarta, pekan lalu, mengatakan bahwa Allo Bank tidak akan merger dengan Bank Mega, melainkan emiten bank dengan sandi BBHI itu akan masuk ke dalam KUB Mega Corpora.

“Jadi, KUB Mega Corpora, leading bank Bank Mega. Kami akan berkolaborasi secara erat antara Bank Mega, Allo Bank, Bank Syariah Mega, dan BPD [Bank Pembangunan Daerah] yang di mana kami sebagai pemegang sahamnya,” ujar CT.

Dengan KUB tersebut, Bank Mega dan Allo Bank akan melakukan penguatan kolaborasi bersama bank-bank daerah. Bank-bank dalam KUB Mega Corpora juga akan difasilitasi untuk memiliki aplikasi sebagai penunjang operasional bank.

“Dalam hal ini kami beruntung karena punya Bank Mega, di mana nanti hal-hal terkait money market, treasury dan lain sebagainya itu bisa berkolaborasi,” ungkap chairuma CT Corp tersebut.

Di sisi lain, kata CT, Bank Mega akan berperan untuk menyediakan fasilitas tarik tunai melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM), yang dimiliki perseroan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chairul tanjung modal inti Allo Bank BBHI
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top