Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Layanan Keuangan Digital Favorit, Ada Bank Jago (ARTO) hingga Akulaku

Pembayaran menjadi layanan keuangan digital yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.
Ilustrasi fintech. /Freepik
Ilustrasi fintech. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak lima jenis layanan finansial berbasis teknologi atau financial technology (fintech) dinobatkan sebagai yang paling banyak digunakan dan dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Melansir DataIndonesia.id pada Senin (27/3/2023), kelima fintech favorit tersebut terdiri dari pembayaran, perbankan, peminjaman, investasi, hingga asuransi.

Adapun, kelimanya merupakan hasil survei Konsumen Financial Technology 2023 yang dilakukan oleh DataIndonesia.id. Survei ini merupakan survei yang dilakukan secara online terhadap lebih dari 1.100 responden yang menggunakan internet di berbagai wilayah Indonesia pada 16 Januari - 6 Februari 2023.

Berdasarkan hasil survei, ditemukan bahwa pembayaran digital menjadi jenis fintech yang paling sering dipakai oleh masyarakat Indonesia sebanyak 93,81 persen responden.

Posisi selanjutnya disusul oleh 56,67 persen responden yang menyatakan sering menggunakan layanan bank digital. Lalu, ada 29,59 persen responden sering memakai layanan fintech untuk investasi online.

Berikutnya, 24,56 persen responden menggunakan layanan fintech untuk pinjaman online. Sedangkan, 12,57 persen responden lainnya sering memakai fintech untuk asuransi online

Di samping itu, DataIndonesia.id juga menemukan merek fintech terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia.

Untuk kategori pembayaran digital terpopuler, setidaknya ada lima fintech terpopuler, di antaranya PT Dompet Anak Bangsa (GoPay), PT Visionet Internasional (OVO), PT Airpay International Indonesia (Shopee Pay), dan PT Espay Debit Indonesia Koe (Dana).

Kemudian, fintech terpopuler di kategori bank digital, antara lain PT Bank Jago Tbk. (ARTO) atau Bank Jago), PT Bank Seabank Indonesia (Bank SeaBank Indonesia), PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) atau Allo Bank, dan PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) atau Bank Neo Commerce.

Selanjutnya, fintech lending atau pinjaman online (pinjol) yang paling populer adalah PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku), PT FinAccel Finance Indonesia (Kredivo), PT Home Credit Indonesia (Home Credit), dan PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami), dan PT Kredit Pintar Indonesia (Kredit Pintar).

Ada pula fintech lending untuk investasi terpopuler, antara lain PT Sejahtera Lunaria Annua (KoinWorks), PT Indonesia Fintopia Technology (Easycash), PT. Pintar Inovasi Digital (Asetku), PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku). Kemudian, fintech di kategori paylater terpopuler adalah PT Commerce Finance (Shopee Paylater), PT Mapan Global Reksa (GoPayLater), dan PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku).

DataIndonesia.id juga menemukan bahwa fintech investasi online yang paling populer adalah PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit), PT Ajaib Teknologi Indonesia (Ajaib), dan PT Bumi Santosa Cemerlang (Pluang).

Disusul dengan kategori terakhir adalah fintech asuransi online. Adapun, merek yang paling populer dalam kategori ini adalah PT Lifepal Technologies Indonesia (Lifepal), PT. Central Asia Financial (JAGADIRI), dan PT. Archor Technology Digital (Qoala).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper