Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi Modalku Jaga TKB90 dan Mitigasi Gagal Bayar

Ini cara atau strategi Modalku jaga TKB90 untuk memitigasi gagal bayar atau kredit macet fintech.
Ilustrasi fintech. /Freepik
Ilustrasi fintech. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Platform pendanaan digital bagi UMKM berbasis teknologi finansial (fintech), Modalku mencatatkan tingkat keberhasilan pengembalian dana atau TKB90 per 30 April 2023 berada di level 95,70 persen.

Country Head Modalku Arthur Adisusanto mengatakan bahwa menjaga angka TKB90 menjadi salah satu prioritas Modalku sebagai tanggung jawab perusahaan kepada para pemberi dana.

“Berbagai upaya pemulihan dilakukan dengan menjaga kualitas pendanaan dan melakukan penagihan secara optimal demi menghindari status pendanaan gagal bayar,” kata Arthur dalam keterangan tertulis, Selasa (16/5/2023).

Sedangkan untuk transaksi pendanaan yang sudah berstatus gagal bayar, Arthur menuturkan bahwa komunikasi dengan penerima dana terus dilakukan dengan menawarkan proses restrukturisasi.

Selain itu, dia mengatakan proses pengajuan klaim ke asuransi juga dijalankan untuk beberapa transaksi pendanaan lainnya.

Di samping itu, Arthur menuturkan bahwa Modalku juga terus berupaya untuk konsisten dalam meningkatkan profitabilitas bisnis yang berkelanjutan.

“Ke depan, kami juga lebih optimis untuk mencatatkan pertumbuhan positif karena potensi bisnis fintech di Indonesia terus meningkat seiring dengan bertumbuhnya ekonomi dan kebutuhan pendanaan sektor UMKM,” ujarnya.

Lebih lanjut, Modalku juga menyediakan layanan pendanaan digital, di mana penerima dana (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan modal usaha hingga Rp2 miliar yang didanai oleh pemberi dana platform (individu atau institusi yang mencari pendanaan) melalui pasar digital.

Tercatat, Grup Modalku telah menyalurkan pendanaan senilai Rp48 triliun kepada lebih dari 5,1 juta transaksi UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Angka penyaluran pendanaan tersebut tumbuh sebesar lebih dari 40 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper