Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips UMKM Ajukan Pinjaman dan Jaga Cashflow Selama Bulan Ramadan

Ada hal yang perlu diketahui pelaku UMKM sebelum memutuskan mengambil pinjaman dari fintech lending. atau pinjol.
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menenangah (UMKM) kini memang dipermudah untuk melakukan pinjaman dengan fintech lending. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Perusahaan fintech lending Investree pun memberikan beberapa tips bagi UMKM untuk melakukan pinjaman agar aman dan arus kas usaha tetap terjaga.

Berikut tips mengajukan pinjaman bagi teman-teman pelaku UMKM melalui platform fintech lending:

  1. Pilih platform fintech lending yang secara legal sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Investree. Status terdaftar/berizin dapat dilihat di cekfintech.id.
  2. Kenali kemampuan bayar perusahaan, jangan sampai berencana meminjam tapi tidak punya sumber pengembalian pinjaman yang jelas.
  3. Dalam hal mengatur cashflow, calon borrower sebaiknya melakukan beberapa langkah krusial seperti membuat proyeksi atau jumlah ramalan penjualan dan beban operasi, membuat proyeksi anggaran arus kas atau cashflow budgeting untuk setahun ke depan, serta membuat panduan pengaturan arus kas.
  4. Pebisnis harus menyadari bahwa istilah "cash is king" adalah hal nyata dalam bisnis UMKM. Dengan demikian memiliki dana darurat untuk kebutuhan operasional bisnis selama 12 bulan ke depan sebaiknya disiapkan sebagai bagian dari modal awal.

Chief Sales Officer Investree Salman Baharuddin mengatakan selama bulan Ramadan pihaknya menerima cukup banyak pengajuan pinjaman dari pelaku UMKM yang tujuan peminjamannya spesifik untuk memenuhi kebutuhan lebaran yakni gaji dan THR (Tunjangan Hari Raya). Adapun pinjaman yang masuk saat ini sedang dalam proses penilaian hingga verifikasi.

Selama bulan Ramadan, Investree juga menyiapkan promosi khusus dengan tema #TumbuhPenuhBerkah. Di mana Investree secara spesial akan memberikan cashback sebesar 0,4 persen hingga Rp7 juta untuk borrower walk-in dan partnership, minimal pinjaman Rp100 juta. Serta 0,7 persen hingga Rp700 ribu untuk borrower partnership saja, minimal pinjaman Rp5 juta. 

"Promosi ini rutin Investree jalankan sebagai stimulus kepada pelaku UMKM agar mereka terpacu dalam men-scale up bisnisnya melalui bantuan permodalan. Pastinya, promosi yang Investree hadirkan dapat membantu borrower dalam mengatur cashflow perusahaannya," tandas Baharuddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper