Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Daftar Pemimpin Pasar Industri Asuransi Jiwa dan Umum

15 perusahaan asuransi jiwa terbesar menguasai sekitar 80 persen pasar nasional, sedangkan 15 perusahaan asuransi umum terbesar menguasai 65 persen pasar.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 29 Agustus 2020  |  17:37 WIB
Karyawan berdiri di dekat logo perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), di Jakarta, Selasa (15/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Karyawan berdiri di dekat logo perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), di Jakarta, Selasa (15/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Prudential Life Assurance dan PT Asuransi Sinar Mas memuncaki daftar untuk masing-masing sektor asuransi jiwa dan umum dalam peringkat Market Leaders Award 2020 yang ditetapkan Media Asuransi.

Media asuransi, yang dimiliki oleh pelaku industri asuransi, menetapkan daftar 30 perusahaan yang memeroleh penghargaan Market Leaders Award 2020, yakni masing-masing 15 perusahaan untuk dua sektor yakni asuransi jiwa dan asuransi umum dengan pendapatan premi dan premi bruto terbesar pada 2019. Penghargaan diserahkan kepada 30 perusahaan asuransi umum dan asuransi jiwa ini, dilakukan secara virtual, Jumat, 28 Agustus 2020.

Mucharor Djalil, pimpinan Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) yang merupakan lembaga di bawah Media Asuransi, menjelaskan pihaknya melakukan kajian terhadap laporan keuangan terpublikasi untuk periode 7 tahun (2013-2019) untuk menentukan urutan tersebut.

“15 perusahaan asuransi jiwa terbesar menguasai sekitar 80 persen pasar asuransi jiwa Indonesia, sedang 15 perusahaan asuransi umum terbesar menguasai setidaknya 65 persen pasar asuransi umum Indonesia,” katanya seperti dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (29/8/2020).

Djalil menjelaskan Media Asuransi memberikan award ini sebagai penghargaan terhadap kerja keras dalam membesarkan perusahaan-perusahaan asuransi tersebut.

“Pengaruh 15 perusahaan asuransi jiwa terbesar dan 15 perusahaan asuransi umum terbesar ini, sangat besar terhadap industri asuransi Indonesia. Perusahaan-perusahaan asuransi ini merupakan market leader berdasar pendapatan premi untuk asuransi jiwa dan premi bruto untuk asuransi umum,” jelasnya.

Berdasar kajian LRMA, dampak pertumbuhan ekonomi yang rendah ini langsung dirasakan industri asuransi di Indonesia. Pada 2019, asuransi jiwa hanya mencatat pertumbuhan pendapatan premi sebesar 4,07 persen sedang premi bruto industri asuransi umum tumbuh 15,00 persen.

Kajian itu dilakukan berdasar data 69 perusahaan dari 72 asuransi umum, di luar data lima perusahaan asuransi umum syariah full fledged, sedangkan tiga perusahaan belum mempublikasikan neraca keuangannya.

Untuk asuransi jiwa, kajian dilakukan atas data 50 perusahaan asuransi jiwa, di samping lima perusahaan asuransi jiwa syariah full fledged, dan empat perusahaan asuransi jiwa yang belum mempublikasikan neraca keuangannya sampai artikel ini naik cetak.

Berikut daftar 15 Market Leaders Asuransi Umum Indonesia 2020:

  1. PT Asuransi Sinar Mas
  2. PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)
  3. PT Asuransi Astra Buana
  4. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk.
  5. PT Asuransi Central Asia
  6. PT Asuransi Bangun Askrida
  7. PT Asuransi Adira Dinamika, Tbk.
  8. PT Asuransi Wahana Tata
  9. PT Sompo Insurance Indonesia
  10. PT Asuransi Multi Arta Guna, Tbk.
  11. PT Asuransi Simas Insurtech
  12. PT Asuransi MSIG Indonesia
  13. PT BRI Asuransi Indonesia
  14. PT Asuransi Tokio Marine Indonesia
  15. PT Lippo General Insurance, Tbk.

 15 Market Leaders Asuransi Jiwa Indonedia 2020:

  1. PT Prudential Life Assurance
  2. PT Asuransi Simas Jiwa
  3. PT Asuransi Allianz Life Indonesia
  4. PT AIA Financial
  5. PT Indolife Pensiontama
  6. PT Capital Life Indonesia
  7. PT AXA Mandiri Financial Services
  8. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia
  9. PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha
  10. PT Asuransi BRI Life
  11. PT BNI Life Insurance
  12. PT Panin Dai-ichi Life
  13. PT Asuransi Jiwa Sequis Life
  14. PT Astra Aviva Life
  15. PT Sun Life Financial Indonesia

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi asuransi jiwa asuransi umum
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top